KAJIAN PENYEDIAAN LAYANAN HOTSPOT DI KANTOR LAPAN PUSAT UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN E-GOVERNMENT

Igif G. Prihanto, Annis Siradj M., - Hendrik H. S.

Abstract


Infrastruktur jaringan informasi yang dibangun di LAPAN Pusat saat ini menggunakan kabel serat optik dan sebagian dengan wireless. Melalui jaringan ini klien di lingkungan Kantor LAPAN Pusat dapat mengakses informasi langsung ke jaringan internet secara online. Permasalahannya adalah bagaimana Kantor LAPAN Pusat dapat memberikan pelayanan kepada para stakeholder atau masyarakat pengguna lainnya (termasuk para tamu LAPAN) terkoneksi tanpa melalui kabel tersebut. Untuk itu, makalah ini bertujuan mengkaji jaringan tanpa kabel (nirkabel) untuk mendukung penyediaan layanan hotspot di Kantor LAPAN Pusat sebagai upaya peningkatan layanan kepada publik dalam mendukung pengembangan e-Government. Teknologi layanan hotspot memberikan alternatif internet connection yang mobile, (free physical barrier) untuk jangkauan max 30 meter vertikal 20 meter horizontal. Aplikasi teknologi ini ’menjawab’ variasi kebutuhan dan distribusi pengguna internet connections di Kantor LAPAN Pusat, khususnya bagi mereka yang menggunakan komputer dengan wireless connection facilities. Penggenapan infrastruktur hotspot akan meningkatkan tingkat ketersediaan akses internet di Kantor LAPAN Pusat, yang selaras dengan semangat peningkatan kualitas layanan publik yang efektif dan efisien (Inpres No. 3 Th 2003). Pengalaman penerapan teknologi Hotspot untuk lingkungan terbatas (lantai 2 dan lantai 4)
menunjukkan bahwa teknologi ini akan mampu mengatasi keterbatasan jumlah internet plug di kantor LAPAN Pusat.

Full Text:

Full Text PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.