Jurnal Penginderaan Jauh dan Pengolahan Data Citra Digital

Jurnal Penginderaan Jauh dan Pengolahan Data Citra Digital merupakan jurnal ilmiah terakreditasi untuk publikasi hasil penelitian dan pengembangan teknologi, data dan pemanfaatan penginderaan jauh. Jurnal ini mencakup ruang lingkup penginderaan jauh sesuai dengan Undang-Undang No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan yang meliputi: (1) perolehan data; (2) pengolahan data; (3) penyimpanan dan distribusi data; (4) pemanfaatan dan diseminasi informasi.   

LAPAN pertama kali menerbitkan, yaitu pada Juni 2004 dan tahun 2012 memperoleh predikat Majalah Berkala Ilmiah "Terakreditasi B" dari LIPI. Kemudian pada 2015 berhasil mempertahankan statusnya sebagai Majalah Berkala Ilmiah "Terakreditasi B".

ISSN 1412-8098 (print)

ISSN 2549-726X (online)

No. 610/AU/P2MI-LIPI/03/2015


Journal Homepage Image

Terbitan Jurnal Penginderaan Jauh dan Pengolahan Data Citra Digital Vol. 13, No. 2, Desember 2016, kali ini hadir mengetengahkan 5 (lima) artikel yang ditulis oleh para Peneliti/ Perekayasa bidang penginderaan jauh. Makalah-makalah yang ditampilkan merupakan hasil penelitian yang ditulis secara ilmiah dengan menggunakan metode, pembahasan, penjelasan serta analisa yang terukur.

Makalah pertama ditulis oleh Peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB), tentang penerapan algoritma Spectral Angle Mapper (SAM) yang bertujuan untuk mengetahui besaran spektral lamun berdasarkan pengukuran in situ dan analisis citra satelit, memetakan lamun hingga tingkat spesies berdasarkan pustaka spektral pengukuran in situ dengan penerapan algoritma SAM serta menguji tingkat akurasinya.

Makalah kedua ditulis oleh Perekayasa LAPAN, penelitian ini tentang model pelaksanaan diseminasi informasi penginderaan jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purwarupa dengan teknologi terbuka (Open Technology).

Makalah ketiga ditulis oleh Peneliti LAPAN, penelitian ini mengusulkan penggunaan back propagation neural network untuk klasifikasi Land-Use/Land-Cover (LULC) dengan data penginderaan jauh hiperspektral. Neural network yang dipergunakan 3 lapis, dimana untuk uji coba lapis masukan memiliki jumlah neuron sebanyak 242 untuk mengolah seluruh band, 163 neuron, dan 50 neuron untuk mengolah data band yang memiliki nilai digital rataan yang tinggi, dan data band pada panjang gelombang cahaya tampak hingga infra merah dekat.

Makalah keempat ditulis oleh Peneliti LAPAN, penelitian ini bertujuan untuk menentukan titik koordinat Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) berdasarkan hasil deteksi termal front suhu permukaan laut. Untuk menentukan titik koordinat dilakukan segmentasi hasil deteksi sesuai ukuran fishnet grid.

Dan makalah yang kelima ditulis oleh Peneliti LAPAN, tentang Algoritma Dua Dimensi untuk Estimasi Muatan Padatan Tersuspensi (MPT). Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengekstraksi informasi MPT, validasi data satelit dengan pengukuran in situ, yaitu membuat hubungan antara reflektansisi band dengan konsentrasi MPT hasil pengukuran.

Demikianlah kelima artikel yang kami sajikan dalam Jurnal Penginderaan Jauh dan Pengolahan Data CitraDigital Vol. 13, No. 2, Desember 2016. Kami tunggu partisipasi aktif Peneliti/ Perekayasa dengan mengirimkan kepada kami karya tulis ilmiah, tentang hasil penelitian, pengembangan dan atas pemikiran di bidang teknologi, pengembangan metode pengolahan data, dan/ atau pengembangan pemanfaatan penginderaan jauh.

 

Klik pada tab "Browse" untuk melihat edisi jurnal yang telah terbit.