GEO-EFEKTIVITAS AKTIVITAS MATAHARI DAN LINGKUNGAN ANTARIKSA PADA SAAT BADAI GEOMAGNET [GEO-EFFECTIVENESS OF SOLAR ACTIVITY AND SPACE ENVIRONMENT DURING GEOMAGNETIC STORM]

Anwar Santoso

Abstract

Geo-efektivitas aktivitas matahari dan lingkungan antariksa atau Geoeffectiveness adalah suatu kondisi cuaca antariksa (kombinasi antara CME, CH, angin surya, IMF Bz) yang ideal pada saat Interplanetary Shock (IPS) yang dapat memicu terbentuknya badai geomagnet sedang (-50 nT <Dst <-100nT), kuat (Dst < -100nT) dan sangat (Dst < -250 nT). Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran bagaimana kombinasi antara komponen-komponen angin surya dan IMF Bz yang paling optimal sebagai pembentuk kejadian badai geomagnet dan sekaligus berpengaruh terhadap intensitasnya. Data kejadian CME, angin surya (Nsw, Vsw dan Psw), IMF Bz (-) dan indeks Dst tahun 1996-2001 digunakan untuk analisis. Metode yang digunakan adalah metode analisis visual dan statistik. Hasilnya diperoleh 44 kejadian badai geomagnet yang terdiri dari 9 kejadian (20,45%) dipengaruhi oleh komponen densitas angin surya (Nsw), 8 kejadian (18,18%) dipengaruhi oleh kekuatan yang sama ketiga komponen angin surya (Nsw, Vsw dan Psw), 1 kejadian (2,27%) dipengaruhi hanya oleh komponen tekanan angin surya (Psw) yaitu kejadian badai geomagnet tanggal 20 Juli 2000 dan sisanya yaitu 26 kejadian (59,09%) dipengaruhi dominan oleh komponen kecepatan angin surya (Vsw). Selain itu, juga diperoleh bahwa pada peristiwa CME full halo di belahan barat matahari dan kenaikan komponen angin surya bersamaan dengan IMF Bz mengarah ke selatan sesaat dan setelah IPS merupakan kondisi geoefektivitas parameter cuaca antariksa yang menentukan terbentuknya badai geomagnet dengan persentase keberhasilan sangat besar dan efektif. Hal ini membuktikan bahwa geoeffectiveness sangat menentukan keberhasilan terbentuknya badai geomagnet dan intensitasnya.
Kata Kunci: Badai geomagnet, Geoeffectiveness, Angin surya, Interplanetary Magnetic Field (IMF), Interplanetary Shock (IPS).

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.