PENGINTEGRASIAN DAN PENYAJIAN SPASIAL DINAMIS INFORMASI TUTUPAN HUTAN DAN PERUBAHANNYA DALAM SISTEM PEMANTAUAN BUMI NASIONAL

Sarno -

Abstract


Program kegiatan pemanfaatan penginderaan jauh Indonesia National Carbon Accounting System (INCAS) telah menghasilkan informasi tutupan hutan dan perubahannya di Indonesia. Informasi tersebut perlu diintegrasikan ke dalam Sistem Pemantauan Bumi Nasional melalui aplikasi pemetaan web. Tujuan dari pengintegrasian adalah agar dapat diterapkan penyajian spasial dinamis dan pengguna secara mudah dapat memvisualisasikannya dan berinteraksi melalui web browser.
Pengintegrasian menerapkan ’Prototyping Development Methodology with Open Source Software’. Sistem yang dihasilkan mempunyai antarmuka pengguna berupa tombol pilihan atau navigasi pada Toolsbar untuk menjalankan operasi fungsi-fungsi pengelolaan penyajian dan visualisasi spasial dinamis informasi tutupan hutan dan perubahannya periode tahun 2001–2009.
Sistem operasional diharapkan dapat memberikan kemudahan akses secara on line dan berkelanjutan dalam upaya memenuhi kebutuhan para pengguna di berbagai sektor pembangunan dan dapat diakses melalui situs web resmi Pusat Pemanfatan Penginderaan Jauh (http:// pusfatja.lapan.go.id).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.