PERHITUNGAN ELEMEN ORBIT BINTANG GANDA WDS 03264+3520 MENGGUNAKAN METODE SEMI-DEFINITE PROGRAMMING

Achmad Zainur Rozzykin, Ayu Dyah Pangestu, Budi Dermawan

Abstract

Banyak metode yang digunakan untuk menentukan elemen orbit elips bintang ganda. Salah satu metode yang relatif baru digunakan dalam penentuan elemen orbit adalah Semi-Definite Programming (SDP). Metode ini digunakan untuk menyelesaikan persamaan umum elips dari data pengamatan dengan batasan tertentu, yang memberikan solusi tunggal melalui konsep optimisasi konveks. Salah satu keunggulan metode SDP adalah mampu mendapatkan elips terbaik dari jumlah titik data yang terbatas dengan persebaran yang sempit (mengelompok). Tujuan penelitian ini adalah menentukan elemen orbit bintang ganda WDS 03264+3520 atau HDS 430 dengan terlebih dahulu mendapatkan koefisien persamaan elips orbit proyeksinya melalui SDP. Kemudian dengan menggunakan metode Kowalsky, didapatkan nilai elemen orbit elips sejati dari bintang ganda ini. Implementasi skema paralaks dinamika menghasilkan massa masing-masing bintang melalui proses iteratif dengan melibatkan nilai magnitudo mutlak bolometrik bintang. Hasil perhitungan elemen orbit dan massa bintang ganda ini menunjukkan bentuk orbit yang lebih lonjong (eksentrik) dengan massa bintang yang sedikit lebih rendah daripada hasil studi sebelumnya.

Keywords

bintang ganda; Semi-Definite Programming; paralaks dinamika

Full Text:

PDF

References

Aladin, diakses http://aladin.u-strasbg.fr/AladinLite/ 21 Desember 2017.

Asada, H., Akasaka, T., Kudoh, K., 2007. Simplified solution to determination of a binary orbit, The Astronomical Journal, 133, 1243-1246.

Branham, R. L., 2009. Double star orbits with semi-definite programming and alternatives, Astronomy & Astrophysics, 507, 1107-1115.

Calafiore, G., 2002. Approximation of n-dimensional data using spherical and ellipsoidal primitives, IEEE Trans. on Systems, Man, and Cybernetics – Part A: Systems and Humans, 32, 269-278.

Cvetkovic, Z., Pavlovic, R., Ninkovic, S., 2016. Orbits for nine binaries and one linear solution, The Astronomical Journal, 151, 83 (11pp).

Grant, M. C., Boyd, S. P., 2017. The CVX User’s Guide Release 2.1, CVX Research Inc.

Naufal, F. Z., 2017. Perhitungan Elemen Orbit Asteroid Menggunakan Metode Semi-Definite Programming, Tugas Akhir Sarjana Astronomi ITB.

Siregar, S., 2014. Teori & Komputasi Orbit Bintang Ganda Visual, Bandung. Program Studi Astronomi ITB.

Smart, W. M., 1986. Spherical Astronomy, Cambridge, Cambridge Univ. Press.

VizieR, diakses http://vizier.u-strasbg.fr/viz-bin/VizieR-4 6 Desember 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.