ANALISA KEAKURATAN SENSOR SUHU ANALOG MODUL APRS SATELIT LAPAN-A2 DENGAN MENGGUNAKAN MODUL UJI VALIDASI (ANALISYS OF ANALOGUE TEMPERATURE SENSOR ACCURACY ON LAPAN-A2 SATELLITE APRS MODULE USING VALIDATION TEST MODULE)

Andi Muhktar Tahir, Deddy El Amin

Abstract

Modul Automatic Position Reporting System (APRS) merupakan salah satu muatan Satelit Lapan-A2 (Lapan-Orari), sebuah mikro satelit yang mempunyai misi penanggulangan bencana alam. Modul APRS yang digunakan oleh Lapan-A2 merupakan produk komersial sehingga perlu dilakukan pengujian thermal sebelum diluncurkan, terutama untuk mengukur keakuratan data dari sensor suhu analog yang terdapat di dalamnya. Pengujian thermal dengan menggunakan thermal chamber VC3 4018 terhadap sensor analog selain berfungsi untuk mengukur temperatur dari APRS itu sendiri dan suhu ruang di sekitarnya, pada dasarnya juga bertujuan untuk mengetahui daya tahan modul APRS terhadap perubahan suhu saat Lapan-A2 berada di orbit.
Dengan meletakkan sebuah sensor suhu dijital secara berdampingan langsung dengan sensor suhu analog dalam modul APRS, proses pengujian di dalam thermal chamber berlangsung. Sebagai acuan untuk proses validasi kedua sensor suhu tersebut, dipergunakan data suhu yang diperoleh dari dua sensor suhu dijital yang diletakkan di dalam thermal chamber selama proses pengujian dan data ini diproses di dalam sebuah modul mikrokontroler yang diberi nama modul uji validasi sebelum dikirim ke modul APRS, sehingga nantinya data akhir dari keempat sensor suhu keluar bersamaan sehingga dengan mudah dapat langsung dibandingkan. Hasil akhir yang berupa grafik temperatur terhadap waktu menunjukkan bahwa dengan menggunakan rentang kesalahan ±1°C, sensor analog dari modul APRS kurang akurat dalam memberikan data terutama pada saat temperatur diatas 30°C.
Kata kunci : APRS, Satelit Lapan-A2, Sensor suhu, Uji validasi

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.