PREDIKSI KEKUATAN STRUKTUR ALAT UJI GETARAN ENGINE LSU SERIES MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (STRENGTH PREDICTION OF THE ENGINE VIBRATION TEST STAND OF LSU SERIES USING FINITE ELEMENT METHOD)
Abstract
In order to know about vibration characteristics of a combination between engine and propeller used in LAPAN Surveillance UAV (LSU) series, it needs a test apparatus called the engine vibration test stand. The engine vibration test stand structure must be strong and stiff to get good result in engine vibration test. In the initial phase, the engine vibration test stand was madeof 1 meter length of ASTM A36 material with H shape and the lower part of it was bolted to the reinforced floor. By using a finite element method software and inputting some parameters from engine DA-170 and mechanical properties of ASTM A36, the engine vibration test stand had safety factor of 26,24. Furthermore, the top five natural frequencies were 61,94Hz, 77,18Hz, 93,79 Hz, 212,23Hz and 286,24Hz. Â
Â
Abstrak
Untuk mengetahui karakteristik getaran dari kombinasi engine dan propeller yang digunakan pada LAPAN Surveillance UAV (LSU) series maka diperlukan sebuah alat uji yang disebut alat uji getaran engine (AUGE). Struktur AUGE harus dibuat kuat dan kaku untuk mendapatkan hasil uji getaran engine yang baik. Sebagai langkah awal telah dibuat sebuah AUGE yang terbuat dari material ASTM A36 yang berbentuk H setinggi 1 meter dengan bagian bawahnya dibaut ke sebuah lantai yang sudah diperkuat. Dengan menggunakan software metode elemen hingga dan memasukkan parameter engine DA-170 serta sifat mekanik ASTM A36 didapatkan bahwa struktur AUGE tersebut memiliki nilai faktor keamanan sebesar 26,24. Adapun lima nilai pertama frekuensi pribadi dari struktur tersebut adalah 61,94 Hz, 77,18 Hz, 93,79 Hz, 212,23 Hz dan 286,24 Hz.Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurohman, K., Sakti, R. B. & Silitonga, P. W., 2015. Normal Mode Analysis of N219 Wing for B-11 Configuration. Indonesia Book Project.
Brezina, A. J. & Thomas, S. K., 2012. Measurement of Static and Dynamic Performance, Ohio.
Desert Aircraft. https:// www.desertaircraft. com/products/da-170. Diakses 20 Oktober 2016.
Hibbeler, R., 2011. Mechanics of Materials. Pearson Prentice Hall.
Hidayat, D., Nugroho, A. & Wirawan, N., 2015. Optimasi Berat Struktur Tail Boom LSU-05 Akibat Tegangan Lentur dari Aspek Bentuk Penampang Geometri. Jakarta, Indonesia Book Project.
Kuntjoro, W., 2011. An Intorduction to The Finite Element Method. McGraw-Hill.
Mujtahid, 2015. Pemilihan Jenis Peredam (Damper) Pada Mounting Engine Pesawat LSU-03 Untuk Meredam Getaran Yang Terjadi. Jakarta, Indonesia Book Project.
Musa, U., Afolayan, M. & Dagwa, I., 2016. Finite Element Model for Predicting Residual Stressues in Shielded. Nigerian Journal of Technology (NIJOTECH).
Nastran, N., 2008. Basic Dynamic Analysis, User's Guide.
Nguyen, T. D., 2010. Finite Element Analysis of a Nose Gear During Landing, University of North Florida.
Purnomo, H. & Satrijo, D., 2011. Desain dan Analisa Impact pada Struktur Bumper Belakang Kendaraan SUV Dengan Metode Elemen Hingga. Jurnal Teknik Mesin Rotasi.
Satrijo, D., Suprihanto, A. & Kholil, A., 2005. Simulasi dan Analisa Modus Getar Pada Mesin Freis Type Vertical Milling dengan Menggunakan Program Bantu MSC Nastran. Jurnal Teknik Mesin Rotasi.
Soemaryanto, A. R., Anggraeni, D., Rahmadi, A. & Sumarna, E., 2014. Engine and Propeller Selection for Propulsion System LAPAN Surveillance UAV – 05 (LSU-05) using Static Thrust Calculation and Test.
Wandono, F. A., 2015. Pengaturan Ulang Arah Serat Spar Depan LAPAN Surveillance UAV-05 Menggunakan Finite Element Method. Jakarta, Indonesia Book Project.
Refbacks
- There are currently no refbacks.