ANALISIS KINERJA ENJIN ROKET CAIR ECX1000H2-3

Arif Nur Hakim

Abstract

Enjin roket cair ECX1000H2-3 telah dikembangkan dengan mengadopsi  injektor konfigurasi baru untuk meningkatkan gaya dorong yang telah dicapai enjin sebelumnya.  Injektor baru mempunyai jumlah lubang fuel dan oksidator masing-masing sebanyak 54 dan 156 dengan diameter sebesar 1 mm. Bentuk elemen injektor telah dimodifikasi untuk meningkatkan debit propelan.  Uji static telah dilakukan untuk menguji kinerja sistem enjin secara keseluruhan.  Hasil pengujian mencatat gaya dorong dan tekanan rata-rata sebesar 730 kgf dan 22,6 bar atau meningkat 19,7% dari hasil enjin sebelumnya, namun masih 84 % lebih rendah dari prediksi berdasarkan hasil uji injector dikarenakan kinerja sistem pengumpan yang tidak optimal.  Selain itu,  terjadi ledakan kecil saat penyalaan karena akumulasi propelan yang tidak terbakar akibat terbatasnya area kontak api penyalaan dengan propelan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.